Ibadah Ramadan di Banjarbaru Diperbolehkan dengan Prokes, Petasan Jangan! Bawaslu Kalsel Tanggapi Santai Aduan Denny Indrayana ke Pusat Kronologi Lengkap Penemuan Jasad Tak Utuh di Gang Jemaah II Banjarmasin Mudik Dilarang, Terminal Pal 6 Banjarmasin Tutup Rute Antarkabupaten-kota Mudik Ramadan Dilarang, Pertamina Kalimantan Tambah 3 Persen Pasokan Gas

Tanaman Hias yang Bawa Hoki Menurut Feng Shui

- Apahabar.com Minggu, 14 Februari 2021 - 09:20 WIB

Tanaman Hias yang Bawa Hoki Menurut Feng Shui

Tanaman hias. Foto-Ist

apahabar.com, JAKARTA – Tak sekadar sebagai koleksi, tanaman hias juga dimanfaatkan untuk dijual kembali.

Ada juga yang menyebut memelihara tanaman hias dapat membawa hoki. Namun,
mengutip penuturan Angelina Fang, senior konsultan Feng Shui Consulting Indonesia pada laman Wolipop, tanaman hias bukanlah faktor penentu keberuntungan seseorang.

Fang menambahkan secara logis tanaman disebut ‘hoki’ karena punya manfaat seperti menyerap polutan ruangan yang menguntungkan pemiliknya jadi mendapat udara bersih.

Jenis tanaman tertentu yang mampu membersihkan racun udara ini tentu mendatangkan kebaikan, seperti kesehatan. Kalau badan, pikiran sehat tentunya akan menghasilkan energi baik.

Menurut Feng Shui, rekomendasi tanaman di bawah ini sangat cocok untuk dijadikan koleksi karena memiliki sejumlah manfaat untuk pemiliknya.

Berikut tanaman hias bawa hoki dan memberikan manfaat bagi pemiliknya:

1. Krisan/Serunai (Chrysanthemum)

Bunga krisan atau serunai adalah tanaman hias bawa hoki dan memberikan manfaat bagi pemiliknya.

Simbol feng shui pada tanaman serunai adalah kehidupan yang mudah karena dianggap mempunyai energi kuat untuk mendatang kan keuntungan.

Terlepas dari arti secara ilmu topografinya, ada sisi ilmiah yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih tanaman serunai sebagai koleksi.

Serunai atau krisantemum merupakan tumbuhan berbunga famili Asteraceae dari daratan Asia dan Eropa Timur Laut.

Ciri dari tumbuhan bunga krisan ini terdapat celah bergerigi, daunnya tumbuh menyilang pada cabang. Batang krisan bertekstur lunak serta memiliki warna hijau.

Tanaman krisan menyimpan sejumlah manfaat. Hal itu dibuktikan oleh hasil penelitian NASA Clean Air Study yang menyebut bahwa krisan mampu membersihkan racun udara.

Di Jepang, bunga krisan disebut ‘kiku’ karena aromanya wangi sehingga memungkinkan bila disimpan dalam ruangan sebagai pengharum alami.

Selain itu, bunga krisan sudah sejak lama dipercaya sebagai tanaman herbal budaya Tiongkok untuk menetralkan toksik dalam tubuh dengan cara diminum menjadi teh.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa maksud hokinya ada pada kegunaan tanaman itu sendiri yang menyimpan berbagai manfaat.

2. Palem Parlor (Chamaedorea Elegans)

Palem parlor adalah tanaman hias bawa hoki dan memberikan manfaat bagi pemiliknya.

Kemudian ada palem parlor yang juga termasuk sebagai tanaman hias bawa hoki. Konon tumbuhan ini pembawa keseimbangan menurut feng shui.

Sebutan lain dari palem parlor adalah palem ruang tamu atau pacaya. Biasanya parlor dijadikan tanaman indoor karena mampu bertahan dalam ruang redup.

Pertumbuhan palem parlor bisa mencapai tinggi sekitar 4 meter. Tidak hanya tumbuh dalam wadah pot, parlor memungkinkan bila ditanam langsung di tanah.

Karena mudah beradaptasi pada jenis tanah apa pun, palem juga bersahabat dengan iklim tropis hingga subtropis serta kuat terhadap berbagai cuaca.

Sama seperti tanaman serunai, palem parlor bermanfaat untuk menyerap toksik dalam ruangan. Sehingga tak heran mudah dijumpai dalam perkantoran atau mall.

Kelebihan palem parlor dalam memurnikan udara diperkuat dengan hasil penelitian NASA Clean Air Study.

Selain itu, dampak dari ruangan bersih serta bebas udara beracun akan sangat berpengaruh pada peningkatan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak.

Manfaat baik dalam tanaman palem parlor ini menjadi bukti bahwa karakternya memang menguntungkan, terlebih bagi kesehatan.

3. Money Tree (Pachira)

Pachira atau money plant adalah tanaman hias bawa hoki dan memberikan manfaat bagi pemiliknya.

Tanaman hias pachira atau money tree sudah sangat melekat dengan citra pembawa ‘hoki’ bagi perihal keuangan berdasarkan ilmu feng shui.

Bahkan ada juga yang percaya bahwa batang money tree harus dikepang dengan jumlah ganjil yaitu tiga atau lima. Jika mendapatkan batang genap maka dianggap ‘sial’.

Batang berjumlah lima bermakna ‘elemen keseimbangan’ yaitu tanah, api, air, angin, dan logam.

Budidaya tanaman asal Amerika Tengah ini cukup populer, terutama di Indonesia. Harga bibitnya masih relatif terjangkau dan mudah ditemui.

Sifat tanaman yang tidak memerlukan banyak air dan hanya butuh intensitas cahaya sedang membuat perawatan pachira tergolong mudah. Tak heran banyak kaum pemula memanfaatkannya sebagai koleksi tanaman hias.

Faedah lain memiliki tanaman pachira di rumah adalah, kemampuannya dalam mengatasi gangguan tidur serta mengurangi stres.

Pembuktian manfaat pachira tersebut ada dalam riset NASA mengenai cara kerja tanaman dalam menetralkan udara kotor.

Jadi wajar saja apabila pachira masuk dalam kategori tanaman hias bawa hoki karena benar adanya mempunyai manfaat baik.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

K-Popers

Lifestyle

Spotify Trending Twitter Usai Ratusan Lagu K-pop dari Kakao M Raib
Olahraga

Lifestyle

Kisah Deddy, Rutin Bersepeda Tekan Risiko Gangguan Jantung dan Pembuluh Darah
Kerajaan Banjar

Lifestyle

Unik, Model asal Tapin Koleksi Benda Pusaka Kerajaan Banjar
apahabar.com

Lifestyle

Ini Dia 7 Fakta Menarik Lindswell Kwok
Tengkorak Kalimantan

Lifestyle

Hai Warga Banua, Tengkorak Kalimantan Masuk Tanaman Hias Tren 2021

Lifestyle

Nasi Padang dan Hal Unik di Dalamnya, dari Lagu Cinta hingga Rahasia Bumbu Tanah Minang
viral

Lifestyle

Viral! Wanita Ini Tetap Cantik Meski Punya Kumis dan Jenggot
K-Popers

Lifestyle

Spotify Terancam Ditinggalkan, K-Popers Hijrah ke YouTube Music
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com